PDPM Sleman Tebar Ribuan Bibit Ikan untuk Pemberdayaan Umat

0
169

PEMUDAMUHDIY.or.id – Ahad (8/3/2020) PDPM Sleman Yogyakarta melaksanakan kegiatan Tebar Bibit Ikan di Padukuhan Purworejo, Hurgobinangun, Pakem, Sleman. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Pemberdayaan Umat dari PDPM Sleman. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut bisa dalam jumlah yang lebih besar lagi.

“Iya mas, kali ini kita menebar bibit di tambak. Insya Allah setelah ini kami berniat menebar bibit ikan di sungai.” Terang Saifudin, Kabid Pertanian dan Perikanan PDPM Sleman melalui pesan WhatsApp nya.

Sekitar dua ribu bibit ikan Nila yang ditebar, akan dilakukan pembesaran selama empat bulan sebelum masa panen. Rencananya ikan-ikan tersebut akan langsung dipasarkan pada pedagang setempat.

“Setelah empat bulan, besarnya kira-kira 4-5 jari orang dewasa-lah mas, kalo makanannya cukup pelet aja, ya terdiri dari dedak dan bahan sayur-sayuran.” Terangnya.

Pembudidayaan ikan Nila di Indonesia memang giat-giatnya terjadi pada tahun 90-an. Ikan Nila memang dikenal ikan yang memiliki tingkat kelangsungan hidup yang baik, dan dikenal resisten terhadap kualitas air dan penyakit ditambah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam pembudidayaannya.

“Karena ini juga pertama, makanya ikan Nila kami coba budi daya kan, karena lebih mudah. Ya sembari nyambi belajar-belajar budi daya ikan jenis lain mas.” Jelasnya mengungkap alasan memilih ikan Nila untuk di budi daya kan.

Tak lupa pada kegiatan tersebut hadir juga Anton Nugroho dari unsur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY. Langsung didampingi jajaran PDPM Sleman, Eko Sumardiyanto selaku Ketua Umum, Arif Hakim sekretaris, Aat bendahara, Ahmad Sinantra, Amin Darojat,  Abdurrahman Darojat, Parijoabuzayan, Mbah Kasur dan Sarjiyanto. Langsung mengawal sampai berakhirnya kegiatan.

“Alhamdulillah, dari unsur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY langsung hadir dan mendukung penuh program ini. Ini juga menjadi semangat bagi kami untuk terus berkontribusi bagi pemberdayaan umat terutama dalam bidang ekonomi pertanian dan perikanan.” Tandas Saifuddin, yang juga akrab disapa Mbah Kasur ini.

 

Editor : M. Zulfi Ifani

Penulis: Ang Rijal Anas

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here